ANALISA PERAN KEPEMIMPINAN DALAM USAHA KECIL DAN MENENGAH INDUSTRI KREATIF: STUDI KASUS DI KINERUKU – BANDUNG
Bismantara S.Ip, M.Si

Abstrak

Analisa ini dibuat bertujuan untuk mengobservasi peran kepemimpinan yang cocok untuk diterapkan dalam sebuah usaha kecil menengah yang bergerak di industri kreatif. Peran kepemimpinan yang ada akan menjelaskan jenis usaha, karakter dan strategi bisnis yang dijalankan dalam sebuah bisnis.

Peran kepemimpinan yang diobservasi meliputi pilihan-pilihan yang mempengaruhi : (1) strategi pengembangan; (2) budaya kerja dan (3) pengelolaan sumber daya manusia yang tersedia.

Dari analisa yang dibuat dapat dilihat bahwa karakter yang menonjol dalam diri pemimpin usaha Kineruku adalah kemandirian (tidak bergantung pada pihak lain) dan juga berpikir cost effective (efektif dalam pengelolaan biaya). Selain itu, jelas adanya locus of control dan tolerance of ambiguity yang cukup tinggi merupakan karakter yang menonjol dalam budaya kerja dan pengelolaan sumber daya manusia yang ada.

Kata kunci : peran kepemimpinan, UKM, industri kreatif

 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login